Tidak Harus ke Bengkel, Ini Trick Mengembalikan Performa Mobil Tua

Published on 2018-07-08 by Honda Makassar on Tips Trik
Tidak Harus ke Bengkel, Ini Trick Mengembalikan Performa Mobil Tua

Semakin lama umur pemakaian mobil biasanya akan berdampak terhadap menurunnya performa mesin. hal yang paling dirasakan tentu saja tarikan yang berat. kebanyakan pemilik mobil tua biasanya akan langsung datang ke bengkel untuk mengatasinya. Namun ada cara lain yang sebenarnya lebih mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh pemilik.

Pakar dari masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI) Juergen Gunawan menyampaikan, menurunnya performa mesin mobil tua biasanya disebabkan adanya metal scratch (goresan di dinding mesin) maupun carbon deposit (penimbunan kerak karbon sisa pembakaran) di ruang pembakaran. untuk mengatasi masalah ini, Juergen menilai pemilik mobil tua bisa memakai metal treatment. cairan ini bisa ditemukan di toko-toko pelumas. harga umumnya tergantung merk sesuai selera konsumen.

metal treatmentnya ini tinggal dimasukan ke dalam pelumas. Nantinya cairan akan langsung bereaksi mereduksi metal tanpa mengganggu fisika dan kimia pelumas. dengan begitu kinerja mesin akan dipermudah," kata Juergen dalam seminar yang diadakan perhimpunan penggemar Mobil kuno Indonesia (PPMKI) di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Menurut Juergen, metal treatment bisa merontokan carbon deposit maupun memperbaiki goresan di ruang pembakaran. Sepanjang ketebalannya tidak lebih dari 3 mikron. Juergen menyatakan tidak ada satupun merk treatment yang dapat merontokan carbon deposit jika ketebalannya sudah mencapai 3 mikron.

"Tapi kalau masih di bawah 3 mikron, pemilik mobil tua tidak perlu buru-buru ke bengkel. sebab masih bisa dicover dengan metal treatment ini," tutur presiden Direktur PT Willbern Tritium Indonesia ini.

 
SHANDY
PT. SANGGAR LAUT SELATAN
TELP : 0812 4532 8989
WHATSAPP : 0812 4532 8989
BBM : d12d7786
Chat
Telfon